kriteria pemimpin yang ideal dalam islam beserta dalil naqlinya

4 min read

Nabi Muhammad SAW
Apakah kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan kriteria pemimpin yang ideal dalam islam beserta dalil naqlinya. Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan yang kamu cari :

kriteria pemimpin yang ideal dalam islam beserta dalil naqlinya – islam telah mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk seperti apa dan bagaimana cara untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Sosok Rasulullah SAW adalah uswatun hasanah atau teladan terbaik bagi umat muslim dalam mempelajari keperibadian atau akhlak menjadi pemimpinan dalam Islam.

Table of Contents

Lantas, bagaimana kriteria pemimpin yang ideal dalam ajaran Islam?

Dalam Islam disarankan seorang pemimpin harus memiliki iman dan amal shaleh, dan kondisi fisik yang sehat, dan bertujuan memimpinan untuk mendapat keridhoan dari Allah Swt. Kepemimpinan tidak akan terlepas dari tanggung jawab terhadap amanah yang telah dipercayakan oleh rakyatnya.

Pada tahun 1978, seorang sejarawan dan penulis buku ternama asal Amerika Serikat menggemparkan dunia saat merilis buku terbarunya yang berjudul The 100: A Ranking of The Most Influential Persons in History dan dia menempatkan Nabi Muhammad SAW sebagai peringkat pertama mengalahkan ilmuwan, pemimpin dunia, maupun tokoh penyebar agama lainnya yang ada di dunia.

Padahal, penulis buku bernama Michael H. Hart ini merupakan seorang Nasrani yang  bekerja sebagai guru besar astronomi dan Fisika di Universitas Maryland AS. Ia juga pernah bekerja di NASA sebagai penanggung jawab atas program penelitian luar angkasa. Sehingga seluruh penelitiannya berdasarkan fakta yang terpercaya, tidak ada seorang pun yang dapat meragukannya.

Ada dua alasan mengapa Michael menempatkan Nabi Muhammad di posisi pertama dalam bukunya. Pertama, karena Nabi Muhammad sangat berperan penting dalam penyebaran  agama Islam. Hal ini ia bandingkan dengan Nabi Isa yang bertanggung jawab atas ajaran moral dan akidah Nasrani, namun penyebarannya dilakukan oleh St Paul yang merupakan penyebar teologi Kristen. Sedangkan Nabi Muhammad melakukannya sendiri melalui bantuan sahabat dan pengikutnya.

Alasan kedua, adalah karena karakter kepemimpinan politik Nabi Muhammad yang menjadi model bagi seluruh pemimpin di dunia. Karakter pemimpin yang dipertunjukan oleh Rasulullah ini terbukti dapat menyejahterakan kehidupan masyarakat bernegara.

Ayat Al-quran dan Dalil naqli pemimpin yang ideal dan perintah mematuhinya 

  • QS An Nisa Ayat 59.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

  • HR. Bukhari

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْإِمَامُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى أَهْلِ بَيْتِ زَوْجِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ وَعَبْدُ الرَّجُلِ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ أَلَا فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Artinya: Dari Abdullah bin Umar radliallahu anhuma, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “ketahuilah Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya atas yang di pimpin, penguasa yang memimpin rakyat banyak dia akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya, setiap kepala keluarga adalah pemimpin anggota keluarganya dan dia dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya, dan isteri pemimpin terhadap keluarga rumah suaminya dan juga anak-anaknya, dan dia akan dimintai pertanggungjawabannya terhadap mereka, dan budak seseorang juga pemimpin terhadap harta tuannya dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadapnya, ketahuilah, setiap kalian adalah bertanggung jawab atas yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari) [No. 7138 Fathul Bari ] Shahih.

  • QS Al-Ahzab:21

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ

Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.

Karakter Pemimpin Berdasarkan Sifat Rasulullah

Sifat dasar manusia yang terbentuk sejak lahir memang sukar untuk diubah. Namun, dalam proses pembentukan karakter diri, sebenarnya kita bisa membentuk karakter seperti apa yang kita inginkan Salah satu caranya adalah melalui mengendalikan diri saat menentukan keputusan dan bertindak.

untuk menjadi seorabg pemimpin yang baik, kamu juga bisa menerapkan sifat-sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW , diantaranya:

  • Shidiq: benar atau jujur

Sifat ini menjadi salah satu sifat paling utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena jika seorang pemimpin berbohong, maka pengikutnya akan menunjukkan rasa tidak percaya terhadap pemimpin tersebut. dan akan timbul Perpecahan, pertempuran internal serta akan menjadi senjata yang dapat menghancurkan kelompok itu sendiri.

  • Amanah: dapat dipercaya

Masih berkaitan dengan sifat shidiq, para pemimpin yang tepat adalah sosok yang omongan dan perilakunya dapat dipercaya. Dengan begitu, ia akan mendapatkan  pengikut setia yang selalu mengikuti arahannya dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Rasa saling percaya yang tinggi ini akan membuat kelompok tersebut menjadi sangat kuat untuk menghadapi rintangan yang ada di masa mendatang.

  • Fatonah: pintar atau cerdas

Karena pemimpin adalah sosok yang diikuti, maka kemampuan dan kecerdasannya menjadi hal sangat penting yang tidak boleh diabaikan. Ia adalah sosok yang bertanggung jawab untuk memimpin penentuan perencanaan yang telah dirancang. Jika pemimpin tersebut tidak memiliki kemampuan mumpuni, maka program tersebut bisa saja berhenti di tengah jalan.

  • Tabligh: terbuka dalam menyampaikan informasi

Sifat tabligh adalah menyampaikan informasi secara benar dan tidak menyembunyikan hal apapun terhadap rakyatnya. Sifat ini berguna sebagai transparansi kepemimpinan yang baik dan bersih. Dengan begitu, masyarakat akan merasa percaya dan dapat mengikuti arahan pemimpin tanpa menimbulkan banyak prasangka buruk.

Syarat Menjadi Pemimpin dalam islam

Selain memiliki karakter seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, syarat-syarat yang harus dimiliki pemimpin yang baik. Allah SWT telah menegaskan empat syarat kelayakan seseorang untuk ditunjuk sebagai pemimpin dalam hal apapun. Keempat syarat yang tersebut antara lain:

  • Memiliki akidah yang benar (aqidah salimah).

Seorang pemimpin harus mempunyai pegangan atau keyakinan yang kuat, keyakinan terhadap Allah sebagai Rabb-Nya serta beriman dan bertakwa kepada-Nya.

  • Memiliki akhlak yang mulia (akhlaqul karimah).

Pemimpin juga berfungsi sebagai pendidik umat, maka pada prinsipnya pemimpin wajib memiliki segala sifat yang berakhlak mulia dan sebaiknya perlu menjauhkan diri dari sifat-sifat yang tercela.

  • Memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas.

Pemimpin yang kuat fisik dan luas pengetahuan diperlukan untuk menjadikan umat yang juga kuat. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan yang luas bagi pemimpin adalah perlu.

  •  rajin beribadah.

Meski tampak sepele, tetapi syarat ini penting untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih pemimpin. Sebab, sholat merupakan barometer akhlak setiap manusia saat menjalani kehidupannya. Jika amalan sholatnya baik, maka rasa tanggung jawab akan terbangun dengan sendirinya.

Pemimpin yang tidak pernah meninggalkan Tuhan merupakan pemimpin terbaik. Karena dengan begitu, ia juga tidak akan meninggalkan anggota/rakyatnya meski keadaan terdesak sekali pun. Pemimpin tersebut akan selalu melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya dengan tegas.

  • gemar melakukan zakat dan sedekah.

Jika seorang pemimpin rajin berzakat dan bersedekah, insyaAllah dirinya tidak akan melakukan korupsi. Karena ia tahu bahwa Allah sudah menjamin rezekinya dan membuatnya merasa cukup dengan apa yang telah ia peroleh saat ini.

Melakukan zakat dan sedekah juga berarti bahwa ia paham betul mengenai hak-hak orang lain yang terdapat dalam hartanya. Ia tidak serakah dengan menikmati seluruh hartanya sendiri, melainkan memberikan hak tersebut agar dapat menikmati rezeki tersebut bersama-sama.

  •  mudah bergaul dengan masyarakat.

Pemimpin yang dapat bergaul dengan masyarakat sebenarnya sedang mencari tahu kesulitan apa yang sedang dihadapi oleh masyarakat yang ia pimpin. Dengan memperhatikan rakyat, ia dapat membantu mencari jalan keluar dari setiap  masalah mereka.

Sama seperti Rasulullah setiap usai melakukan sholat berjamaah, beliau akan menghadap ke jamah untuk mengetahui kondisi mereka. Jika ada yang tidak hadir, Rasulullah akan menanyakan penyebabnya. Kalau alasannya sakit, beliau dan sahabat akan menjenguk dan mendoakan si fulan tersebut.

 

Karena kepemimpinan Rasulullah sudah diakui dunia, maka kamu juga pasti bisa menjadi pemimpin yang baik jika menerapkan kriteria pemimpin seperti yang di ajarkan dalam Islam. Memang tak mudah untuk mengikuti sifat-sifat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW tersebut, namun kamu pasti dapat menerapkannya secara perlahan.

 

 

 

 

Bagaimana dengan jawaban diatas ? Apakah jawaban diatas sudah cukup membantu untuk menyelesaikan tugasmu ?Jika ada  pertanyaan lain  silahkan kamu tulis pendapatmu di kolom komentar dibawah ini ya !

Berapakah hasil 14 – 9 4/11

Apakah kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan Berapakah hasil 14 – 9 4/11. Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan yang kamu cari : Berapakah  hasil...
bakoelcode
1 sec read

88:84 22 hasilnya berapa?

Apakah kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan 88:84 22 hasilnya berapa?. Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan yang kamu cari :  88:84  22          hasilnya berapa?...
bakoelcode
1 sec read

Bruto satu kaleng minyak goreng 2000 gr .tara 1,5%…

Apakah kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan Bruto satu kaleng minyak goreng 2000 gr .tara 1,5%…. Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan yang kamu cari...
bakoelcode
6 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022- Brooke Anderson