cara mengatasi kamera hp buram Agar Kembali Jernih

3 min read

Apakah kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan cara mengatasi kamera hp buram Agar Kembali Jernih. Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan yang kamu cari :

cara mengatasi kamera hp buram Agar Kembali Jernih – Kecanggihan teknologi  saat ini terkhusus kamera smartphone bisa dibilang sangat jauh berkembang, bahkan bisa dibilang kamera bawaan yang dimiliki oleh HP sekarang menyamai atau bahkan lebih bagus dari pada kualitas dari hasil  jepretan kamera DSLR.

akan tetapi, pernahkah kalian mengalami masalah dimana kamera smartphone yang tadinya jernih, mendadak berubah menjadi buram seperti kamera HP jaman dahulu? Padahal smartphone kalian memiliki spesifikasi kamera bagus dengan resolusi yang tinggi.

Hal ini sering terjadi dikalangan para pengguna Android ataupun ios. Tentunya untuk yang memiliki hobi memotret atau selfie, ini merupakan masalah yang sangat merepotkan.

Berikut ini  beberapa penyebab serta cara mengatasi kamera smartphone yang buram agar kembali jernih seperti semula.

Penyebab Kamera HP Buram

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan kamera HP menjadi buram. Nah, beberapa diantaranya.

  1. Lensa Kamera Kotor
    salah satu penyebab kamera HP buram yang paling banyak di jumpai adalah lensa kamera yang kotor (kadang berupa minyak, akibat lensa pernah tersentuh kulit). Kaca yang melindungi kamera HP menjadi kotor karena terkadang terkena sentuhan tangan kalian atau bisa juga kotor diakibatkan oleh debu yang menempel bahkan masuk melalui celah-celah lensa.
  2. Kerusakan Fisik kamera
    Kamera HP yang buram dapat pula disebabkan oleh kerusakan fisik dari lensa kamera itu sendiri. Hal itu dapat disebabkan jika kalian tidak hati-hati dalam meletakan HP yang kemudian dapat mengakibatkan tergoresnya lensa kamera oleh  benda tajam ataupun jatuh dari ketinggian.
  3. Kemasukan Air
    Kasus buramnya kamera HP karena kemasukan air ini cukup sering terjadi dikalangan para pengguna smartphone, sebab tak jarang kita membawa smartphone kita ke kamar mandi saat kita buang air ataupun sekedar cuci tangan yang dapat menyebabkan HP terkena air. Selain membahayakan fungsi kamera, air yang masuk kedalam HP juga dapat berakibat fatal dan menyebabkan rusaknya fungsi perangkat keseluruhan.
  4. Fokus kamera terganggu lensa casing tambahan yang kurang bagus kualitasnya .
  5. Kualitas kamera HP yang kita miliki kurang memadai atau bisa di bilang ketinggalan zaman.
  6. Lensa HP bermasalah, seperti pecahnya kaca lensa, lain sebagainya.

Cara Memperbaiki Kamera HP Buram Agar Kembali Jernih

  •  Gosok  lensa dengan pasta gigi

Tutup lensa kamera yang tergores dapat menyebabkan kamera HP menjadi buram. Untuk mencegah itu terjadi, kamu bisa menggunakan silicon atau motomo sebagai pelindung HP. tetapi, apabila sudah telanjur terdapat goresan pada  lensa kamera, dapat diatasi dengan cara mengoleskan sedikit pasta gigi pada depan lensa, lalu gosokkan secara perlahan. Cara ini dapat  menghilangkan goresan halus yang terdapat pada permukaan lensa luar tersebut.
Perlu kalian ketahui, pasta gigi yang kalian gunakan yaitu pasta gigi putih, bukan yang gel. Apabila masih saja buram, kalian bisa gunakan cara lain, yaitu dengan mencongkel tutup lensa kamera tersebut menggunakan silet secara perlahan dan hati-hati.
Setelah selesai, kalian dapat menggantinya dengan tutup lensa yang baru atau jika ingin menggunakan yang gratisan, kalian bisa menggunakan selotip berwarna bening.

  • Bersihkan kotoran yang menempel pada lensa

Penyebabnya hampir sama dengan yang di atas, akibat ditaruh sembarangan, debu masuk dan menempel pada lensa sehingga menyebabkan hasil kamera tidak maksimal. Selain debu, bekas sidik jari yang kotor dan menempel di lensa kamera juga dapat menyebabkan kamera menjadi buram.
Solusi untuk memperbaikinya yaitu dengan cara membuka casing luar sehingga terlihat lensa dalam. Kemudian tuangkan sedikit minyak kayu putih pada tisu dan gosok lensa dalam tersebut secara halus untuk mengangkat debu yang menempel pada permukaan lensa.

  • Keringkan HP yang kemasukan air

Masuknya air ke dalam kamera HP tidak hanya terjadi bila HP langsung terkena air. Meletakan HP di tempat dengan kondisi yang terlalu lembap juga dapat membuat lensa kamera mengembun. Dengan demikian, Kamera yang berembun dapat memengaruhi hasil jepretan kamera tersebut.
Untuk solusi lensa yang sudah kemasukan air atau pun berembun, segeralah matikan HP dan lepas baterai. Kemudian keringkan dengan menjemurnya di depan kipas angin terutama pada kisi-kisi atau lubang di sisi kanan kiri agar suhu HP dapat stabil dan tidak lagi air atau embun yang tertinggal.
Atau kalian juga bisa mengubur HP ke dalam semangkuk beras untuk beberapa jam, karena beras bersifat mudah menyerap air. Tidak direkomendasikan mengeringkan HP menggunakan hairdryer, karena panas dari hairdryer dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

  • Lepas Casing HP

jika kalian menggunakan casing tambahan, khususnya jika terdapat pelindung lensa di bagian kamera, Anda bisa mencoba untuk melepasnya terlebih dahulu. Karena bisa juga pelindung casing pada case menjadi penyebab kamera kalian kurang optimal.
Kamera yang terhalang oleh casing atau pelindung tersebut sulit untuk menemukan titik fokus dan tidak dapat mengambil gambar objek secara langsung.
Kualitas casing kurang bagus, bahkan kotor dapat berefek membuat gambar menjadi tidak jernih. jika kalian masih ingin memakainya, coba bersihkan dahulu casing tersebut menggunakan pasta gigi sama seperti cara membersihkan lensa tadi.

  • Ganti Lensa HP

Lensa pada HP juga dapat diganti, kalian tidak perlu khawatir jikalau nanti semisal lensa HP kalian pecah.

Untuk mengganti lensa HP kalian juga bisa melakukannya sendiri. Sedangkan komponennya bisa kita cari melalui online shop jikalau kita malas untuk mencari di daerah sekitar.itupun jikalau kalian mau dan bisa membongkarnya secara mandiri. jika tidak bisa, saya sarankan lebih baik kalian menggantinya di tempat service.

  • Reset Pengaturan  pada Kamera

Sebuah Pengaturan pada kamera dapat meningkatkan atau menurunkan kualitas dari hasil potret kamera tersebut. Jadi, tidak heran jika salah pengaturan dapat menyebabkan berkurangnya kualitas pada gambar.

cara yang bisa kalian gunakan untuk mengembalikan pengaturannya.

  • Buka Setelan Android.
  • Masuk ke Aplikasi.
  • Menu App
  • Cari Kamera.
  • Lalu ketuk Hapus Data.
  • Hapus Data Kamera
  • Dengan begitu, pengaturan kamera akan kembali menjadi default.
Bagaimana dengan jawaban diatas ? Apakah jawaban diatas sudah cukup membantu untuk menyelesaikan tugasmu ?Jika ada  pertanyaan lain  silahkan kamu tulis pendapatmu di kolom komentar dibawah ini ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2022- Brooke Anderson